Tugas Inf MEDIA SOSOAL [Zahra Nur Rahmawati/8F/30]
KARAKTERISTIK MEDIA SOSIAL
Karakteristik dari media sosial adalah sebagai
berikut:
•Partisipasi
Media sosial merupakan sebagai pendorong adanya kontribusi
dan umpan balik dari setiap orang yang tertarik atau memiliki minat memakainya,
sampai bisa mengaburkan batas antara media dan audience.
•Keterbukaan
Banyak media sosial yang terbuka untuk umpan balik dan juga partisipasi melalui suatu
voting, berbagi dan juga komentar. Kadang-kadang batasan untuk mengakses dan
menggunakan isi pesan (perlindungan password pada isi cenderung dianggap aneh)
•Perbincangan
Media sosial sangat mungkin membuat adanya perbincangan ataupun pemakaian secara dua arah.
•Keterhubungan
Banyak media sosial berkembang pesat
karena mempunyai suatu kemampuan yang bisa melayani keterhubungan antar
pemakainya, melalui suatu fasilitas tautan (links) ke website, sumber informasi
dan bagi pemakai lainnnya.
JENIS JENIS MEDIA SOSIAL
Kotler dan Keller mengemukakan terdapat tiga platform utama dalam media sosial, yakni:
-Online Communities And Forums
Ada berbagai bentuk dan ukuran komunitas online dan forum, yang mana banyak dibuat oleh pelanggan atau kelompok pelanggan tanpa ada bunga komersial ataupun afiliasi perusahaan. Beberapa komunitas online dan forum ini didukung oleh perusahaan yang anggotanya berkomunikasi dengan perusahaan dan satu sama lain dengan lewan posting, instant, messaging, dan juga chatting yang berdiskusi tentang minat khusus yang dapat berkaitan dengan produk perusahaan dan merek.
-Blogs
Ada sekitar 3 juta pemakai blog dan mereka sangat bervariasi, sebagian dalam bentuk blog priadi untuk teman-teman dekat dan keluarga, dan juga yang lainnya dibuat untuk menjangkau dan mempengaruhi khalayak luas.
-Social Networks
Jaringan sosial sudah menjadi kekuatan yang utama baik pada bisnis konsumen dan juga pemasaran bisnis ke bisnis. Salah satunya adalah facebook, messanger, twitter dan lain-lain. Jaringan yang berbeda itu menawarkan manfaat yang berbeda untuk perusahaan.
Sedangkan menurut Puntoadi (2011:34), terdapat beberapa jenis atau macam media sosial, antara lain yakni:
1)Bookmarking
Bookmarking menawarkan peluang untuk menshare link dan tagh yang menjadi minat. Hal itu memiliki tujuan supaya setiap orang dapat menikmati yang kita sukai.
2)Contenc Sharing
Melalui situs content sharing tersebut orang membuat berbagai media dan publikasi untuk berbagi kepada orang lain. Youtube dan Flickr adalah situs content sharing yang serinkali dikunjungi oleh banyak orang.
3)Wiki
Sebagai situs yang mempunyai beragam karakteristik yang berbeda seperti situs knowledge sharing, wikitravel yang mempunyai fokus terhadap informasi tempat, dan konsep komunitas lebih eksklusif.
4)Flickr
Situs milik Yahoo ini adalah situs khusus dalam berbagi image sharing dengan kontributor yang ahli pada masing bidang fotografi diseluruh dunia. Flickr membuat photo catalog yang masing-masing produk dapat dipasarkan.
5)Social Network
Kegiatan yang memakai fitur yang disediakan oleh situs tertentu menjadil suatu hubungan, interaksi dengan sesama. Situs sosial networking itu antara lain Linkedin, facebook dan My Space.
6)Creating Opinion
Media sosial ini menawarkan sarana untuk berbagi pendapat dengan orang lain di seluruh dunia. Melalui creating opinion, seluruh orang dapat menjadi penulis, jurnasil dan juga komentator.
Kaplan dan Haenlien juga mengemukakan jenis-jenis media sosial antara lain:
a)Konten
Pengguna situs ini memberikan klik pada setiap konten saham konten media, seperti gambar, video, ebook dan lain sebagainya.
b)Proyek Kolaborasi
Situs ini memungkinkan pemakai dapat mengubah, menambah, maupun menghapus suatu konten sedikit yang tersedia di website. Seperti Wikipedia
c)Blog dan Microblog
Pemakai bebas dalam mengekspresikan suatu hal seperti ventilasi atau mengkritik kebijakan pemerintah. Contohnya adalah Twitter.
d)Virtual Game World
Virtual adalah dunia yang membuat pemakainya merasa hidup maya, seperti dunia game yang virtual berinteraksi dengan orang lain. Tetapi dunia virual sosial lebih luas dan lebih mengarah pada kehidupan seperti second life.
DAMPAK MEDSOS
1)Dampak Positif Media Sosial
•Silaturahim menjadi lebih erat
•Memberikan ruang untuk berpesan positif. •Sosial media sudah banyak dipakai oleh para tokoh agama, motivator, dan juga ulama.
•Hubungan pertemanan menjadi lebih akrab
•Informasi yang tepat dan akurat selalu tersedia
•Wawasan dan pengetahuan menjadi bertambah
2)Dampak Negatif Media Sosial
•Penipuan
•Pornografi
•Prostitusi
•Media untuk menyebarkan ideologi yang sangat efektif dan efisien
•Anak dan remaja menjadi malas belajar untuk berkomunikasi pada dunia nyata.
•Situs jejaring sosial menjadi tempat untuk orang yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan kejahatan.
•Remaja dan anak, mudah mengeluarkan bahasa apapun pada media sosial.
link:https://www.seputarpengetahuan.co.id/2018/03/pengertian-media-sosial-karakteristik-fungsi-jenis-jenis-dampak.html#1_Sam_Decker
PERANAN MEDSOS
17 Peranan Media Sosial dalam Masyarakat
1.Membangun dan menjaga hubungan.
2.Membangkitkan kesadaran masyarakat.
3.Mempengaruhi orang lain.
4.Mengekspresikan diri.
5.Membangun demokrasi partisipatif.
6.Bersosialisasi.
7.Sumber informasi.
8.Menyebarkan informasi.
9.Mendidik.
10.Menghibur.
11.Saling berbagi.
12.Membentuk komunitas.
13.Mencapai tujuan.
14.Membangun reputasi.
15.Membangun jejaring sosial.
16.Agen perubahan.
17.Membantu fungsi demokrasi.
Link:https://pakarkomunikasi.com/peranan-media-sosial-dalam-masyarakat
Komentar
Posting Komentar